Sabtu, 01 Oktober 2016

Cari Tahu Ragam Rangkaian Bunga dan Sejarahnya

Pernahkah Anda memesan sebuah rangkaian bunga? Rangkaian bunga atau yang biasa disebut juga buket merupakan kumpulan berbagai jenis bunga dan daun yang disusun dengan kreatif. Keindahan rangkaian bunga memang seringkali mengundang kekaguman. Dengan variasi bentuk dan warna bunga yang menawan, rangkaian bunga menjadi suatu karya seni yang bernilai tinggi.

Tahukah Anda, ternyata rangkaian bunga memiliki sejarah cukup panjang di dunia dan telah ada beribu-ribu tahun yang lalu. Hal ini dibuktikan dengan penemuan karangan bunga tertua dalam sebuah vas yang diyakini berasal dari Mesir sekitar 2500 tahun SM. Selain itu, sejarah mengenai rangkaian bunga juga tersebar di berbagai negara di dunia, seperti berikut ini :
Yunani dan Roma
Pada masa Yunani dan Roma kuno, rangkaian bunga sangat populer. Selain dibentuk menjadi lingkaran seperti sebuah kalung dan mahkota, rangkaian bunga juga diletakkan di bahu para pahlawan, patung para dewa serta untuk menghormati orang yang sudah meninggal.
Kebiasaan lainnya pada masa itu adalah memahkotai tamu dengan rangkaian bunga serta memberikan penyambutan berupa taburan bunga mawar segar sebagai lambang penghormatan.
Byzantium dan Persia
Mungkin Anda pernah melihat keindahan rangkaian bunga di mosaik gereja-gereja. Ternyata inspirasinya berasal dari kerajaan Romawi Timur, tepatnya di Byzantium. Pada masa itu, keindahan sebuah rangkaian bunga memang sangat kental. Adanya sebuah jambangan besar dan piala yang dipakai dalam misa suci dipadukan dengan daun-daunan, buah serta bunga yang sangat indah.
Inggris
Seorang pelukis Inggris bernama William Hogarth mengenalkan rangkaian bunga bentuk S yang selanjutnya disebut rangkaian bunga kurva Hogarthian. Pada rangkaian tersebut, bunga dan daun di desain sesuai kurva huruf S.
Di masa Hogarth, mulai diperkenalkan juga rangkaian berbentuk lingkaran dan piramida. Saat perjamuan makan, seluruh ruangan dipenuhi lilin dengan tempat lilin yang tinggi dan berornamen bunga. Bahkan para wanita yang hadir, wajib memakai hiasan rambut dan gaun yang beraksesoris bunga.
Eropa
Di Eropa, sekitar abad 13 atau periode gothic, rangkaian bunga mulai dikenal. Banyak hiasan berupa daun, buah dan bunga menghiasi gereja-gereja katedral. Dekorasi berupa lukisan, umumnya juga menggambarkan setangkai bunga indah yang dihiasi vas bunga tinggi.
Barulah pada awal masa Renaisance (1400-1600), semua seni merangkai bunga mulai berkembang pesat. Bahkan mulai dikenal rangkaian bunga yang longgar dan buket bunga kecil.
Jepang
Jepang dikenal dengan seni merangkai bunga yang dinamakan ikebana. Ditemukan pula buku tentang merangkai bunga Jepang tertua yang terbit pada tahun 1445. Keunikan dari seni merangkai bunga ikebana adalah sisi kesederhanaan dan bentuknya yang linier.
Asal mula seni merangkai bunga di Jepang ternyata berasal dari Cina yang dibawa oleh para biksu Budha. Bahkan karangan bunga telah menjadi ritual tradisional di antara umat Budha pada waktu itu.
Amerika
Seni merangkai bunga di Amerika banyak dipengaruhi oleh perpaduan antara budaya barat dan timur. Ciri khasnya antara lain buket bunga menggunakan vas yang tinggi. Seni oriental pun diadaptasi dengan menggunakan rangkaian bunga dalam mangkuk atau vas kecil yang pendek.
Beragam latar belakang rangkaian bunga di berbagai negara menunjukkan bahwa bunga adalah sesuatu yang identik dengan keindahan, kemegahan, kehormatan bahkan simbol karya seni yang diakui. Tak heran bila bunga selalu dibutuhkan bahkan di jaman yang serba modern ini.
Toko bunga Citra Florist siap menerima baik untuk pemesanan, pembuatan dan pengiriman bunga mawar serta jenis rangkaian bunga lainnya 24 jam. Apabila anda ingin memesan rangkaian bunga anda dapat langsung menghubungi kontak kami di bawah ini:
Pasar Bunga Kayoon St. C25
Surabaya - Jawa Timur
Telp. (031) 5451241, 5342247, 5356867
HP. 08179618432, 081232565897, 082132262233
Pin BB. 2A99BDA6, 2BB1BC92, 2B1D70DE
Email : citra.florist@yahoo.com
Email : citra.florist2@gmail.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar