Senin, 29 Agustus 2016

Khasiat Bunga Kumis Kucing

Orthosiphon Spicatus B.B.S atau yang lebih populer dikenal dengan nama bunga kumis kucinag adalah tanaman terna yang tumbuh banyak di daerah dataran rendah hingga dratan dengan ketinggian 700 meter di atas permukaan laut. Tanaman ini unik, sama seperti namanya, karena bunganya memang menyerupai kumis kucing dengan warna putih dan berususun serupa kerucut. Pada awalnya, bunga kumis kucing ini ditemukan tumbuh liar di dekat sungai dan seloka. Namun sejak dunia mengetahui berbagai khasiatnya yang spesial, ia banyak ditanam di pekarangan dan dibudidayakan dalam skala yang besar. Menanam bunga kumis kucing sama saja dengan menanam obat di rumah Anda. Penasaran dengan khasiatnya?

Bunga kumis kucing ini diketahui mengandung sejumlah senyawa penting seperti garam kalium, minyak atsiri, sinensetin, mioinositol, minyak lemak, saponin, zat semak, orthosiphonin glikosida dan masih banyak lagi lainnya. Oleh karena senyawa penyusun tersebut yang menjadikan khasiat bunga kumis kucing menjadi beragam. Ia bisa meluruhkan air seni atau diuretic, melenyapkan gangguan kencing batu, mengobati penyakit ginjal akut, mencegah diabetes, mengatasi rematik juga hipertensi dan masih banyak lagi lainnya. Berkat sejumlah khasiat tersebut, kumis kucing akhirnya digolongkan ke dalam salah satu herba obat di Indonesia.
sumber gambar: www.tanobat.com
Salah satu bagian bunga kumis kucing yang biasa dimanfaatkan sebagai obat adalah daunnya. Misalnya untuk melenyapkan kencing batu, Anda cukup mengambil daun kumis kucing sekitar 90 gram. Bersihkan dengan cara dicuci di air yang mengalir. Kemudian rebus dengan air bersih sebanyak 1 liter. Terus rebus hingga air 1 liter tersebut susut menjadi 750cc. Selanjutnya angkat air rebusa dan dinginkan. Setelah dingin, bagi 3 air tersebut dan minum di pagi, siang dan malam hari. Rasanya mungkin tidak nikmat dan jika Anda belum terbiasa, tak mengapa jika ditambahkan dengan madu asli atau gula aren agar bisa diminum dengan mudah. Lakukan langkah tersebut hingga penyakit Anda sembuh total. Ramuan ini juga bisa mengatasi infeksi yang terjadi pada saluran kemih jika dilakukan secara rutin dan teratur. Tanaman kumis kucing tidak hanya memiliki bentuk dan warna yang indah, namun memiliki banyak khasiat dan manfaat. Bunga kumis kucing biasanya di tanam di pekarangan rumah, sebagai penghias dan sebagai bahan obat herbal bagi orang-orang yang mengerti cara mengolahnya. Sehingga bunga kumis kucing memiliki dua keunggulan yaitu sebagai bunga hias, juga sebagai tanaman obat yang memiliki banyak manfaat.
Toko bunga Citra Florist siap menerima baik untuk pemesanan, pembuatan dan pengiriman rangkaian bunga lainnya 24 jam. Apabila anda ingin memesan rangkaian bunga anda dapat langsung menghubungi kontak kami di bawah ini:
Pasar Bunga Kayoon St. C25
Surabaya - Jawa Timur
Telp. (031) 5451241, 5342247, 5356867
HP. 08179618432, 081232565897, 082132262233
Pin BB. 2A99BDA6, 2BB1BC92, 2B1D70DE
Email : citra.florist@yahoo.com
Email : citra.florist2@gmail.com


Tidak ada komentar:

Posting Komentar