Sabtu, 20 Agustus 2016

Menengok Khasiat Bunga Sepatu

Bunga kembang sepatu adalah bunga salah satu jenis bunga semak yang termasuk kedalam suku Malvaceae. Bunga ini dipercaya berasaal dari daerah Asia Timur kemudian menyebar dan berkembang ke berbagai negara termasuk Indonesia dan memiliki ciri yang khas seperti bunganya yang berwarna besar, berwarna merah dan cenderung tidak berbau. Bunga ini memiliki bentuk yang sangat indah sehingga karena bentuknya yang indah bunga ini sering dijadikan sebagai bunga hias dipekarangan dan ternyata seiring perkembangan zaman ditemukan bahwa bunga ini memiliki beberapa khasiat, yang akan dibahas singkat di artikel menengok khasiat bunga sepatu.

Selain berwarna merah ditemukan juga bunga kembang sepatu berwarna kuning, merah tua, putih, merah jambu dan lain sebagainya. Warna kembang sepatu tersebut biasanya didapatkan dari hasil hibrida, selain sering digunakan sebagai tanaman hias bunga kembang sepatu juga diberbagai negara digunakan untuk berbagai keperluan dan manfaat seperti di India digunakan sebagai salah satu bahan untuk menyemir dan bunga persembahan, di China bunga kembang sepatu yang berwarna merah digunakan sebagai bahwan pewarna, sementara di Indonesia seduhan dari bunga kembang sepatu sering digunakan sebagai ramuan herbal tradisional.
sumber gambar: selingkaran.com
Khasiat Bunga Sepatu
Menurut beberapa pendapat semua bagian bunga kembang sepatu dari mulai bunga, daun, batang serta akarnya memiliki khasiat untuk pengobatan. Dan zat yang banyak terdapat dalam bunga kembang sepatu adalah Flavonoida atau juga sering disebut dengan nama Falvonoid, zat inilah yang menyebabkan warna bunga  tampak sangat segar dan mencolok hal ini terjadi karena pigmen yang mempengaruhi pigmentasi kelopak bunga menjadi merah. Zat lain yang terdapat dalam bunga kembang sepatu adalah ekstrak etanol, saponin polifenol, hibisetin, Ca-oksalat, dan peroxidase. Ekstrak etanol dalam bunga ini bisa juga berfungsi sebagai pencegah tumbuhnya rambut di bagian-bagian yang tidak dikehendaki.
Karena berbagai kelebihan dan keunikannya tersebut bunga kembang sepatu juga menjadi salah satu bunga nasional di berbagai negara salah satu negara yang memilih bunga sepatu sebagai identitas bunga nasional adalah negara Malaysia, sementara untuk daerah Indonesia sendiri daerah sumatera yang lekat dengan budaya melayu juga telah lama mencanangkan dan memberikan penghargaan yang cukup tinggi kepada bunga kembang sepatu, sebagai bunga yang spesial dan memiliki banyak kegunaan. Khasiat bunga sepatu tidak hanya dalam bidang pengobatan namun bunga kembang sepatu yang memiliki warna dan keunikan tersendiri, sering digunakan dalam sebuah rangkaian bunga, biasanya sebagai penghias pucuk rangkaian atau bagian tengah pada bunga papan. Yang dengan keindahannya akan semakin membuat rangkaian bunga menjadi lebih indah dan menawan.
Toko bunga Citra Florist siap menerima baik untuk pemesanan, pembuatan dan pengiriman rangkaian bunga lainnya 24 jam. Apabila anda ingin memesan rangkaian bunga anda dapat langsung menghubungi kontak kami di bawah ini:
Pasar Bunga Kayoon St. C25
Surabaya - Jawa Timur
Telp. (031) 5451241, 5342247, 5356867
HP. 08179618432, 081232565897, 082132262233
Pin BB. 2A99BDA6, 2BB1BC92, 2B1D70DE
Email : citra.florist@yahoo.com
Email : citra.florist2@gmail.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar